Inlah 5 Hacker Terpopuler Sepanjang Masa, Bisa Tembus Keamanan Militer AS!

Inlah 5 Hacker Terpopuler Sepanjang Masa, Bisa Tembus Keamanan Militer AS!


Digitalberita - Kisah seseorang meretas sebuah sistem di internet bukanlah hal yang baru. Namun dari banyak kasus peretasan ini, ada delapan hacker yang paling populer sepanjang masa.

Hacker bisanya lebih memilih untuk tetap anonim demi melindungi diri mereka dari ancaman kurungan di balik jeruji besi. Namun, tidak semua hacker masih menjadi anonim hingga kini.

Ada beberapa yang identitasnya telah terungkap selama bertahun-tahun dan menjadi salah satu figur hacker paling dikenal di seluruh dunia. Inilah 7 hacker yang paling terkenal sepanjang masa.

1. Jonathan James


Dikenal sebagai ‘Comrade’ di internet, Jonathan James adalah remaja pertama yang dihukum oleh pemerintah Amerika Serikat karena melakukan aksi hacking. Ia meretas perusahaan-perusahaan besar seperti Bell South, Miami-Dade dan bahkan Departemen Pertahanan AS pada tahun 1999.

Untuk aksi yang terakhir itu, ia menyebabkan NASA mematikan komputer mereka selama tiga minggu dan menelan kerugian total hingga US$41 ribu. Pada Mei 2008, James ditemukan tewas setelah menembak dirinya sendiri.

2. Gary McKinnon


Gary McKinnon memperoleh popularitas di antara tahun 2001 hingga 2002 ketika ia meretas lebih dari 97 jaringan militer AS. Tujuan utama McKinnon dalam melakukan aksinya itu adalah untuk mencari tahu informasi tentang keberadaan UFO.

Ia sempat mendapatkan akses untuk gambar dari pesawat alien, namun berakhir gagal karena masalah koneksi. Aksi yang dilakukannya itu disebut-sebut merupakan aksi peretasan komputer militer terbesar sepanjang masa. Kini, Gary telah meninggalkan dunia hacking dan beralih menjadi ahli SEO.

3. Kevin Mitnick


Di umur 12 tahun, Kevin meretas software dari sebuah bis di Los Angeles untuk mendapatkan akses ‘menumpang’ tak terbatas. 5 tahun setelahnya di usia 17 tahun, ia menguasai seni meretas sistem telepon untuk mengalihkan panggilan.

Setelah itu, ia mulai meretas banyak sistem sampai akhirnya ia ditangkap oleh FBI. Karena aksinya itu, Kevin dijatuhi hukuman lima tahun penjara. Saat ini, Kevin tidak lagi menjadi bagian dari dunia peretasan dan menjalankan perusahaan keamanan sendiri, Mitnick Security Consulting, LLC.

4. David L. Smith


David L. Smith atau yang juga dikenal sebagai Kwyjibo adalah kreator dari Melissa – virus worm email-adware pertama yang berhasil didistribusikan pada diskusi grup Usenet dalam bentuk alt+sex. Virus yang ia ciptakan ini menyebabkan kerugian hingga lebih dari US$80 juta.

Setelah dinyatakan bersalah, David memutuskan untuk menerima ajakan kerja sama dari FBI untuk mengurangi masa hukumannya. Ia kemudian hanya dipenjara selama 20 bulan atas aksinya itu. Ia dianggap sebagai salah satu hacker paling terkenal sepanjang sejarah.

5. Albert Gonzalez


Albert Gonzalez dianggap sebagai salah satu pencuri terbesar yang pernah tertangkap dalam sejarah kejahatan cyber. Ia dijatuhi hukuman 20 tahun penjara setelah ia mengaku telah mencuri jutaan nomor kartu debit dan kartu kredit.

Aksi yang dilakukannya itu, menghadiahi ia begitu banyak uang sampai-sampai ia mengeluh sakit tangan setelah menghitung uang tunai sejumlah US$340 ribu (saat itu mesin penghitung uangnya rusak). Ia ditangkap pada tahun 2008 setelah ketahuan menerobos ke dalam jaringan perusahaan Dave And Buster.

Itu tadi kumpulan beberapa Hacker paling top menurut saya dengan keahlian yang super keren yaaa.

Post a Comment

0 Comments