4 OS Yang gagal bersaing dengan Android

Digitalberita - Android dan iOS hingga saat ini terus menjadi sistem operasi perangkat mobile yang mendominasi di seluruh dunia dan belum ada OS lain yang mampu menyainginya. Dominasi Android dalam satu dekade terakhir ini bahkan telah menjangkau milyaran pengguna dan merevolusi teknologi smartphone dan mengubah kebiasaan masyarakat. Jelas jika OS besutan Google ini punya pengaruh besar pada kehidupan umat manusia. Saking besarnya dominasi Android dan iOS, membuat OS lain tak mampu bersaing dan harus mengibarkan bendera putih. Ada beberapa OS yang menyerah karena tak bisa membendung Android dan iOS. Berikut ini ada 4 Sistem Operasi yang pernah bersaing dengan Android :


1. Symbian

Symbian OS

OS yang pertama kali tumbang adalah Symbian. Sistem operasi yang dipelopori oleh Symbian Ltd sudah ada sejak 1997 dan sempat menjadi raja OS pada era 2000an terutama pada saat kejayaan Nokia. Symbian memang dikenal canggih pada masanya. Namun memasuki dekade 2010an, Symbian mulai oleng karena dikeroyok oleh segerombolan ponsel Android ditambah dengan iPhone di pasar kelas atas. Pada 2013 Nokia akhirnya mematikan Symbian dan tidak menggunakannya lagi.


2. Firefox OS

FireFox OS

Pada 2012, Mozilla mengumumkan akan merilis OS buatan mereka sendiri dengan nama Firefox OS. Saat itu Firefox OS digadang-gadangkan akan menyaingi Android dan iOS dengan harga perangkat yang terjangkau.

Baca juga : Qualcomm Rilis Modem 5G pertama dengan kecepatan 7 GBps


Namun selain perkembanganya yang tak jelas dan sedikitnya vendor yang mau mengadopsi OS ini, membuat Firefox OS menguap begitu saja dan Mozilla menghentikan proyek ini pada 2016.



3. Blackberry 10

BlackBerry 10 OS


Masa kejayaan Blackberry di bawah bendera RIM memang terbilang singkat. Orang-orang menyadari jika Android dan iOS jauh lebih powerfull dibandingkan dengan BB OS. Apalagi harga perangkat Android yang terjangkau membuat kalangan menengah ke bawah berpindah ke sistem robot hijau tersebut. Blackberry merilis OS Blackberry 10 untuk menyainginya namun mendapatkan sambutan negatif. Selain harganya yang terlalu mahal dari segi performa, BB 10 juga masih kalah oleh dua OS raksasa itu. Blackberry akhirnya berhenti membuat ponsel pintar dan menutup Blackberry OS.


4. Windows Phone

Windows Phone
Windows Phone menggantikan Windows Mobile. Nokia menggandeng OS ini untuk menggantikan Symbian. Yang lalu Microsoft mencaplok Nokia. Windows Phone sebenarnya mampu bersaing sebentar namun pada akhirnya mengibarkan bendera putih karena penjualan yang rendah dan dukungan aplikasi yang minim. Sempat merilis Windows 10 Mobile, Microsoft akhirnya keluar dari persaingan smartphone dan menjual nama brand Nokia ke HMD Global.

Itulah 4 Sistem Operasi Smartphone yang pernah berjaya di masanya dan akhirnya kalah dengan Sistem Operasi Android.

Post a Comment

0 Comments