Berikut ini Perbedaan Layar Super Amoled dengan Layar IPS - Digital Berita | Info Terupdate

Digital Berita | Info Terupdate

Info menarik seputar dunia internet

Berikut ini Perbedaan Layar Super Amoled dengan Layar IPS

Share This
Berikut ini Perbedaan Layar Super Amoled dengan Layar IPS


digitalberita.com - Smartphone saat ini sebagian besar terdiri dari layar. Sebelumnya saya telah membahas banyak hal tentang layar Super AMOLED. Ini karena layar smartphone menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan ketika memilih smartphone.
Untuk smartphone kelas atas, saat ini terdapat dua layar ponsel terkenal, layar IPS LCD dan layar Super AMOLED. Sekarang karena keduanya memiliki kualitas yang sama, kita perlu tahu perbedaan keduanya.


1. Penggunaan Baterai

Penggunaan baterai sangat penting dalam memilih layar ponsel. Ini karena ketika dilihat dari aktivitas penggunaan smartphone, sebagian besar penggunaan baterai berasal dari aktivitas layar. Kemudian hanya diikuti oleh penggunaan aplikasi yang diinstal pada HP.
Sekarang perbedaan antara layar IPS vs Super AMOLED dalam hal penggunaan baterai bisa dibilang sama dengan memiliki konsumsi baterai yang rendah. Namun rilis Super AMOLED sendiri mengatakan bahwa layar ini memiliki penggunaan baterai 10x lebih rendah. Bahkan penggunaan baterai Super AMOLED lebih ekonomis ketika menggunakan wallpaper hitam karena AMOLED hitam tidak diproduksi dari warna.



2. Kejelasan layar dan warna

Layar IPS LCD memiliki warna yang baik dan mampu menghasilkan warna alami. Tetapi untuk masalah kontras hitam dan putih, IPS LCD memiliki kelemahan yaitu hitam dan putih tidak akan sempurna. Ini karena kedua warna tersusun oleh cahaya yang dihasilkan oleh layar. Meski begitu layar ini masih bisa digunakan dengan baik bahkan di bawah sinar matahari tanpa harus membuatnya terlalu terang.
Di sisi lain, kelebihan layar Super AMOLED adalah memiliki kualitas kontras warna yang sangat tajam. Warna hitam yang diproduksi oleh Super AMOLED tanpa menggunakan pencahayaan. Piksel akan dimatikan jika layar harus menghasilkan hitam. Selain itu layar ini dapat memperbarui piksel secara otomatis dengan cepat. Sayangnya untuk warna putih yang diproduksi oleh Super AMOLED dari waktu ke waktu akan terasa seperti warna kekuningan. Jadi dari sini sudah mulai melihat perbedaan antara layar IPS vs Super AMOLED yang bagus.


3. Waktu merespon

Layar Super AMOLED dapat memperbarui piksel secara mandiri. Ini berbeda dari layar IPS LCD yang harus memperbarui piksel secara bersamaan. Jadi jika dibandingkan dengan perbedaan antara IPS dan layar Super AMOLED, Anda bisa mengatakan layar Super AMOLED lebih baik dalam hal waktu respons dan kecepatan refresh. Namun demikian keduanya masih bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda tidak keberatan dengan waktu respons.


4. Ketahanan layar

Layar IPS LCD dilengkapi dengan lampu latar sebagai penghasil warna, membuatnya lebih tebal dari Super AMOLED. Namun, jika dilihat dari sudut pandang ketahanan, kedua smartphone ini memiliki daya tahan yang sama baik dalam penggunaannya. Meski begitu, layar Super AMOLED dikenal memiliki ketahanan gores, sehingga Anda bisa mengatakan layar Super AMOLED tahan gores dan tidak memerlukan screen guard tambahan. Sedangkan pada layar IPS LCD, karena layar ini merupakan pengembangan dari TFT maka memiliki ketahanan yang cukup baik.


5. Harga Layar

Harga layar Super AMOLED diketahui lebih mahal dibandingkan IPS LCD. Ini karena Super AMOLED adalah teknologi paling canggih yang dikembangkan oleh Samsung. Layar Samsung Super AMOLED menggunakan anoda dan katoda sebagai sumber daya utama dalam menghasilkan penampilan. Karena itu, sebagian besar smartphone dengan layar Super AMOLED memiliki harga yang cukup mahal. Meskipun demikian IPS LCD juga digunakan sebagai layar smartphone utama yang digunakan oleh vendor iPhone. Perbedaan layar IPS vs Super AMOLED tentu membawa perbedaan harga yang signifikan

No comments:

Post a Comment