Beberapa hal yang dinilai sebagai akar penyebab konflik di Papua - Digital Berita | Info Terupdate

Digital Berita | Info Terupdate

Info menarik seputar dunia internet

Beberapa hal yang dinilai sebagai akar penyebab konflik di Papua

Share This
Beberapa hal yang dinilai sebagai akar penyebab konflik di Papua


digitalberita.com - Menurut Guru Besar Sosiologi dari Universitas Airlangga, Bagong Suyatno menuturkan bahwa Masyarakat Papua rentan dengan provokasi dan cenderung mudah menggelar aksi massa karena adanya Industrialisasi dan perubahan sosial di Papua.

Menurut Bagong Suyatno, Perubahan Industrialisasi dan Perubahan sosial di Papua sebetulnya tidak hanya terjadi setelah diberlakukan kebijakan Otonomi di daerah khususnya Papua.

Baca juga: Jenazah Agung Hercules Akan Di Makamkan di Bandung


"Di Era Orde Baru, ketika pemerintah ingin mencanangkan program yang disebut " Kebijakan kearah Timur", yang bertujuan mendorong investasi kearah Timur, sejak itu pula arus Investasi yang masuk kearah Papua meningkat pesat". Ujar Bagong Suyatno, Guru Besar Sosiologi

Bagong Suyatno juga menambahkan, Selajutnya Program kebijakan kearah Timur, sejumblah pelaku Industri mulai berbinding - bondong mencari keuntungan di Daerah Papua.

Seperti Perusahaan yang bergerak di bidang Perkayuan, perikanan, pertanian dan pertambangan mulai banyak menyerbu Papua karena potensi sumber daya alam yang menjanjikan.

Namun dengan masuknya Industri ke Papua, ternyata tidak sinkron dengan kesejahteraan yang di dapat oleh masyarakat disana.
Seperti di daerah Papua Barat, Eksplorasi dan Eksploitasi di bidang perikanan ternyata menimbulkan dampak negatif terhadap produksi nelayan lokal, ternyata juga melahirkan tekanan kemiskinan yang meresahkan warga.

Baca juga : KPK Fokus saja Temukan Pelaku, Jangan Cari Alasan

No comments:

Post a Comment