INTEL Luncurkan modem 5G Di Tahun 2020 - Digital Berita | Info Terupdate

Digital Berita | Info Terupdate

Info menarik seputar dunia internet

INTEL Luncurkan modem 5G Di Tahun 2020

Share This
INTEL Luncurkan modem 5G Di Tahun 2020




Digital Berita - INTEL sang raksasa Processor tidak mau ketinggalan dengan perkembangan jaringan 5G. INTEL akan memperkenalkan Chip Modem 5G terbarunya yaitu XMM 8160.
Chip XMM 8160 merupakan jenis multi-mode Modem.  Chip ini bisa menghubungkan jaringan 2G hingga 5G tanpa tambahan Chip modem lainnya.

Sebelumnya Qualcomm pesaing dari INTEL terlebih dahulu memperkenalkan modem 5G yakni Snapdragon X50. Tetapi masih belum diketahui bahwa Chipset Snapdragon X50 juga memiliki kelebihan multi-mode modem atau tidak.

Baca juga : Qualcomm Resmikan Snapdragon 8cx Chipset paling extreme

Menurut kabar Chip Modem milik INTEL menggunakan gelombang Radio baru (NR) yang mendukung gelombang terendah 600 MHz hingga gelombang tertinggi yakni gelombang milimeter (mmWave) dengan Frekuensi 6 GHz yang memiliki kecepatan download data hingga 6 GBps.

Teknologi multi-mode Modem ini memiliki kemampuan jaringan EN - DC yaitu cara menghubungkan jaringan 4G dan 5G secara bersamaan.
Tetapi pada kenyataanya para produsen tidak menyertakan dukungan jaringan 2G dan 3G. Keuntungan dari muti-mode Modem ini memungkinkan kita bisa menghubungkan jaringan selain 5G, disaat mengunjungi sebuah tempat dan ternyata tempat tersebut tidak memiliki dukungan jaringan 5G itulah keuntungan dari multi-mode Modem.

Jaringan akan berubah dengan sendirinya menjadi 5G. Ini merupakan teknologi "Non-Stand Alone" dimana transisi dari jaringan 4G ke 5G terlaksana secara mulus.
Selain itu Modem ini mendukung konektivitas 5G Stand Alone tanpa bantuan dari jaringan 4G.

INTEL mengklaim Chip modem 5G bakal dapat membuat ukuran perangkat lebih kecil dan hemat daya.

Tetapi belum diketahui secara pasti kapan Chipset Modem 5G milik INTEL ini bakal dirilis.

Baca juga : Huawei siapkan Chipset Kirin 990 dengan dukungan jaringan 5G

Dilansir dari : Kompas.com (09/12/2018)

No comments:

Post a Comment