Indonesia baru kembangkan jaringan 5G, China sudah ujicoba Jaringan 6G - Digital Berita | Info Terupdate

Digital Berita | Info Terupdate

Info menarik seputar dunia internet

Indonesia baru kembangkan jaringan 5G, China sudah ujicoba Jaringan 6G

Share This
Indonesia baru kembangkan jaringan 5G, China sudah ujicoba Jaringan 6G





Baru beberapa bulan lalu Indonesia sedang berupaya mengembangkan jaringan 5G, namun siapa sangka ternyata China sudah mencoba untuk menguji jaringan paling tinggi yaitu 6G yang memiliki kecepatan transfer data 1 TB per detik 10 kali lipat dari kecepatan jaringan 5G.

Dilansir dari Giz China, Su Xin, Ketua dari IMT - 2020 (5G) kelompok kerja teknologi nirkabel mengatakan bahwa pada awal tahun 2018 di China sudah meluncurkan studi konsep jaringan 6G.
Tidak di China saja yang berupaya untuk mengembangkan jaringan 6G ini, "Tambahnya"

Seperti Negara Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa, dan Negara lainnya yang berusaha untuk mengembangkan jaringan 6G.

Dengan kecepatan Transfer data sebesar itu kalian bisa mendownload game dan film dengan ukuran besar, tidak perlu khawatir lagi dan kalian bisa berkomunikasi dibawah laut dengan mengunakan jaringan 6G Loh.

Baca juga :



Menurut perkiraan Jaringan 6G akan hadir pada tahun 2030 mendatang seperti apa yaa. memang kehadiran jaringan 6G seolah jauh dimata kita akan tetapi semua tidak ada yang mustahil.

Untuk jaringan 5G sendiri masih sangat terbatas penggunaanya, Bahkan di negara Asia sperti di Indonesia sendiri jaringan 4G masih belum tercakup semuanya.

Indonesia berupaya untuk mengembangkan jaringan 5G walaupun jaringan 4G masih belum merata, tetapi operator di Indonesia sudah mengenal teknologi jaringan terbaru yaitu 5G.
Teknologi yang dimiliki jaringan 5G ini bisa menutupi segala kekurangan yang dimiliki oleh jaringan 4G seperti dari sisi Kecepatan, Latensi, dan Kapasitas. Dengan hadirnya jaringan 5G yang memiliki Latensi (jeda) yang sangat rendah dan memiliki kecepatan yang sangat tinggi tidak dipungkiri akan hadirnya mobil otonom dan pembedah jarak jauh (teleportasi).

Di Indonesia sendiri ada 3 Operator yang sudah mencoba mengembangkan jaringan 5G. Telkomsel dan XL Axiata menguji coba jaringan 5G pada Bulan Agustus mendatang.

Uji coba Jaringan 5G yang dilakukan oleh Telkomsel dengan menampilkan mobil otonom atau mobil tanpa supir di Asian Games 2018.
XL Axiata memamerkan jaringan 5G dengan pengalaman cepat ber internet dan meninggalkan pelayanan public. Sedangkan Indosat dan Erickson melakukan uji coba jaringan 5G mampu mencapai kecepatan 10 GBps.

Untuk penerapan jaringan 5G di Indonesia masih dalam tahap pegembangan.

Untuk mendukung perkembangan sektor Industri jaringan 5G akan menjadi jaringan favorit dan bisa menjadi tumpuan. Hal ini karena kecepatan yang dimiliki oleh jaringan 5G yang memiliki latensi (jeda) waktu yang sangat rendah yaitu kurang dari 1 milisekon dengan kecepatan transfer data yang tinggi memudahkan kita untuk mengakses situs apapun tanpa lemot. Kalian pasti agak jengkel dengan Toko Online yang lemot karena jaringan hal ini bisa diatasi dengan hadirnya jaringan 5G dimasa mendatang.

Banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum penggelaran jaringan 5G tak hanya kesiapan teknologi tetapi wilayah cakupnya juga.

No comments:

Post a Comment